Senin, 01 Februari 2016

Cara Mengukur Resistor Dengan Multimeter Lengkap


Dalam Pengetahuan Elektronika komponen seperti Resistor Capasitor serta Transistor adalah komponen paling utama yang begitu menguasai dalam suatu rangkaian. Pada artikel terlebih dulu sudah di kupas mengenai langkah membaca nilai resistor lewat kode warna. 

Cara Mengukur Resistor Dengan Multimeter Lengkap

Walau demikian jika gelang warna pada resistor sudah hilang atau luntur, tentunya bakal muncul permasalahan untuk tahu besar nilai dari resistor itu, untuk tahu nilai suatu resistor yang telah tak mempunyai gelang warna dapat dikerjakan dengan satu diantara langkah yakni mengukur resistor dengan multimeter.

Langkah mengukur resistor

Mengenai langkah pengukuran yaitu seperti berikut : 

  • Sediakan multimeter. 
  • tancapkan probe merah pada terminal + serta probe hitam pada terminal – (com). Ketika pemasangan probe yakinkan serta lakukan warna probe sesuai sama terminalnya, walau sebenarnaya akan tidak memengaruhi pengukuran atau membahayakan alat ukur tersebut. 
  • Baca besar resistor berdasar pada gelang warnanya. Hal semacam ini dikerjakan untuk memastikan penentuan pengali pada knop multimeter. 
  • Tentukan pengali dengan mengarahkan knop multimeter pada pengali tahanan. Penentuan pengali sesuai dengan besar tahanan yang bakal diukur. 
  • Kerjakan kalibrasi alat ukur. Butuh diingat bahwasannya kalibrasi dikerjakan setiap saat kita ganti besar pengalinya. Mengenai langkah kalibrasi bakal saya terangkan di bagian bawah artikel ini sisi contoh pengukuran. 
  • Kerjakan pembacaan taraf. Butuh diingat kalau dalam pembacaan taraf pada multimeter mencari garis taraf yang mempunyai penunjuk angka 0 di samping kanan. Umumnya garis taraf pengukuran tahanan berwarna hijau serta ditandai dengan lambang Ω.


Jika pada resistor tak ada kode warna, status resistor tidak bisa disebutkan baik atau rusak, lantaran tak ada referensi suatu nilai yang dapat di jadikan patokan. Cuma saja jika hasil dari pengukuran resistor itu yaitu 0, jadi dapat di katakan resistor itu sudah shoot serta bisa disebutkan rusak.


----iklan---- ----iklan----