Senin, 15 Mei 2017

Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli Lengkap - Hai sobat pelajar, kali ini kita akan memaparkan informasi mengenai perilaku konsumen secara menyuluruh, secara garis besar, paparan dibawah ini akan menjelaskan pengertian atau definisi lengkap beserta sumber, manfaat / tujuan, serta faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen.

perilaku konsumen

Perilaku konsumen adalah tindakan yang segera terlibat dalam mendapatkan konsumsi serta menggunakan product atau layanan termasuk juga sistem ketentuan yang mendahului serta menyusuli tindakan ini. 

Pengertian perilaku konsumen menurut beberapa ahli 

  • Shiffman serta Kanuk (2000) mengemukakan perilaku konsumen adalah perilaku yang di perhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta mengabaikan product, layanan, atau ide yang diinginkan bisa memuaskan konsumen agar dapat memuaskan kebutuhannya dengan konsumsi product atau layanan yang di tawarkan. 
  • Loudon serta Della Bitta (1993) mengemukakan perilaku konsumen adalah sistem pengambilan keputusan serta aktivitas fisik individu-individu yang semua ini melibatkan individu dalam menilai, memperoleh, memakai, atau mengabaikan beberapa barang serta bebrapa layanan. 
  • Ebert serta Griffin (1995) mengemukakan consumer behavior diterangkan sebagai usaha konsumen untuk membuat keputusan mengenai suatu product yang dibeli serta dikonsumsi. 
  • James F et al (1994) mengemukakan perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, serta menggunakan product serta layanan, termasuk juga proses keputusan yang mendahului serta menyusuli tindakan ini. 
  • Schiffman serta Kanuk (1994) mengemukakan perilaku konsumen adalah proses keputusan serta kegiatan fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberi barang serta layanan yang diperolehnya. 


Manfaat perilaku konsumen bagi produsen 

  1. Dapat membujuk konsumen untuk membeli product yang dipasarkan 
  2. Memahami konsumen dalam berprilaku, melakukan tindakan serta berpikir, agar produsen dapat memasarkan produknya dengan baik. 
  3. Mengerti mengapa serta bagaimana konsumen memutuskan, hingga produsen bisa membuat strategi pemasaran dengan baik. 


Faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam soal ketentuan membeli 

  • Factor budaya 
  • Factor social 
  • Factor pribadi 
  • Factor psikologis